Prinsip Operasi

Digital Tiltmeter dengan Model 6101D Merupakan sebuah perangkat portabel yang sudah dirancang untuk melakukan pengukuran pada kemiringan sebuah struktur contoh seoerti bangunan, bendungan serta tanggul dan juga digunakan pada lereng dan dinding penggalian untuk pengecekan stabilitas.

Di dalam penggunaannya alat ini akan ditaruh pada tiltplate yang sebelumnya sudah terpasang secara permanen pada struktur yang nantinya akan dilakukan pengawasan atau monitoring. Tiltmeter berisi dua sensor MEMS yang sudah diatur pada sudut 90 derjat yang menyebabkan kemiringan kedua sumbu ortogral. A dan B bisa kita peroleh dengan setiap kali penempatan tiltmeter pada tiltpalte. Pengukuran pada alat ini dapa digunakan pada permukaan yang horizontal maupun vertikal.

tiltmeter

Dalam melakukan pembacaan pada sumbu A dan B akan dilakukan secara bersamaan yakni dengan sudut 180 derjat antara satu dengan yang lain untuk menghilangkan bias instrumen, dengan hal tersebut akan diperoleh lah angka kemiringan yang sebenarnya. Untuk kumpulan bacaan berikutnya akan menunjukkan bagaimana struktur berprilaku dan akan memberikan indikasi pada setiap kemiringan seiring berjalannya waktu.

Keunggulan

Untuk tiltmeter dengan Model 6101D ini sudah dirancang sebagai alat portabel yang berkualitas sekaligus dengan biaya yang murah, penggunaan yang dapat dilakukan di berbagai lokasi dan dengan resolusi ± 4 detik busur.

Alat ini pun juga memiliki stabilitas suhu yang sangat luar biasa, dengan waktu pemanasan minimal dan dengan kebutuhan daya yang rendah, dengan persediaan batrai lithium 7,4 V internal.

Tiltmeter dan juga sensor nya akan berada dalam keadaan tertutuo rapat sepenuhnya, tahan air dan transisi sinyal menuju monitor akan dilakukan secara nirkabel. Alat ini merupakan sensor kemiringan yang sangat akurat sekaligus alat yang praktis dan juga kebal terhadap guncangan.

Komponen Di Dalam Sistem

Tiltmeter memiliki (jantung) yang terpasang dalam bentuk sensor MEMS (Micro Electro Mechanical Systems) yang canggih dengan onboard yang memiliki beberapa elemen, serta dengan pengujian elektronik dan kompensasi suhu. Sensor ini sangat stabil dan juga akurat serta kebal terhadap perubahan suhu dan guncangan.

Sumber : Alat UJi Geoteknik